Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERPRASANGKA DI PENGINAPAN MURAH SEMARANG (PART 2)

Penulis: Gigin

“Kak, gue lanjut nginep di sini ngga ya ?” saya telpon senior saya lagi minta pendapatnya. Tapi nadanya saya pelanin, supaya si bapak ngga denger.

“lu masih di sana ? aduh bego ya. gue bilangin mending ga usah. ntar telpon lagi, lagi hectic nih.” telpon diputus dan saya pun pasrah.

Terus berjalan, saya akhirnya bisa melihat area sekitar penginapan ini. di sebelah kiri saya, terdapat kamar-kamar paviliun. di sebelah kanan, ada kolam ikan dengan air berwarna hijau dihias tanaman eceng gondok.

saya perhatikan lebih seksama, ternyata ini adalah kamar-kamar paviliun yang didesain mengitari bangunan utama, karena di ujung kanan, saya melihat kamar paviliun yang sama seperti di sebelah kiri saya. Desain bangunan yang umum dibuat di era kolonial.

“Berarti bangunan ini udah berdiri lebih dari 5 dekade.” gumam saya

“dek..” sontak saya kaget, karena si bapak manggil dalam jarak cukup dekat.

“ini kamar adek, karena ngga ada yang menginap malam ini. jadi nanti adek tidur sendiri ya.” ucap si bapak paruh baya dengan suara pelan.

“bapak lagi sakit?” saya tanya dong. Wajar ngga sih nanya begitu ke seseorang yang kelihatan lagi sakit ?

Tapi si bapak hanya tersenyum tipis..

“kunci kamarnya sudah lama hilang, jadi sebagai gantinya, nanti kalau adek mau keluar, pasang gembok kecil ini ya.” saya dikasi gembok kecil yang biasa dipakai di koper-koper travelling itu dong, dan saya menerima dengan enggan.

“kamar mandi dan toilet terpisah dari kamar. tempatnya ada di sana ya dek.” si bapak menunjuk ke arah ujung ruangan, agak gelap.

“Mungkin lampunya belum dinyalain karena masih siang.” batin saya seraya masuk kamar

***

Saat saya masuk, saya dikagetkan dengan kondisi ruangan yang ternyata cukup bersih dan rapih. Ruangan yang terdiri dari 1 tempat tidur kayu dan 1 tempat tidur bunkbed dengan kasur yang disprei beserta bantal yang bersih. Cukup menampung sampai 4 orang dalam 1 kamar. Ngga ketinggalan lemari kecil untuk menyimpan baju-baju.

Sebuah kamar yang layak untuk penginapan backpacker.

Tapi dari kesemuanya, yang unik itu adalah bau kamarnya. Bukan bau busuk, baunya harum. Tapi entah saya pernah mencium bau ini dimana. Lupa.

Tapi yang penting sih bersih. Bagi backpacker, syarat penginapan layak itu cukup dua : BERSIH & MURAH. ga lebih dan ga kurang.

“pak, warung di dekat sini dimana ya ?” saya iseng tanya karena memang perut laper banget, tapi tetap sembari ngerapihin barang-barang saya di dalam kamar.

“pak..” ga ada jawaban

“pak ?” saya nengok dan bapaknya sudah ngga ada.

Langsung saya tutup pintu dan telpon senior saya.

“kak, lu lagi dimana ? bisa ke sini ngga ?” suara saya mulai bergetar

“masih di kantorlah, emang lu pikir gue pengangguran.” duh iya ya. ini kan hari kerja.

“berarti ngga bisa ke sini ya ?” tanya saya memastikan

sembari saya ngobrol, hidung saya mendengus karena bau di dalam kamar makin pekat, lama-lama, saya nggeh ternyata bau di dalam ruangan itu pernah saya cium..

Bau bunga Kamboja di area pekuburan..

“ngga bisa gue. ntar malem lah ya” saya udah ngga fokus dengan obrolan dan berniat packing dan cabut dari penginapan ini

“yauda kak, makasi ya. bye! “ saya tutup telpon dan mulai mengepak tergesa-gesa.

Sampai tak lama, pintu kamar saya diketok dari luar. Pelan.

Dan firasat saya mulai ngga enak

(bersambung)

Part 1 - Klik